Tampilkan Whiskermenu Dengan Tombol Super Tanpa Mengganggu Shortcut Lain

Ya, benar, saya menulis tulisan ini semata-mata sebagai reminder bagi diri sendiri. Sudah lama saya menggunakan cara ini, namun setiap kali sehabis instal ulang, saya selalu lupa dan harus mengubek-ubek internet lagi.

Tombol super pastinya sangat penting bagi kamu yang terbiasa dengan shortcut pada sistem operasi windows seperti kombinasi w+e yang akan membuka explorer, w+r yang akan membuka program run, dan lain-lain. Pun setelah saya bermigrasi ke linux. Kebiasaan itu tidak akan hilang dengan mudah, banyak sekali shorcut yang saya gunakan menggunakan tombol modifier super.

Masalah muncul ketika saya menggunakan tombol super sebagai shotcut untuk membuka popup whiskermenu. Setiap saya menekan shortcut yang menggunakan tombol super, popup whiskermenu selalu muncul, da itu sangat mengganggu. Jalan paling mudah adalah mengganti shortcut popup whiskermenu menjadi w+space atau denagn tambahan key lain, namun hal itu sangat tidak nyaman bagi saya.

Bagi yang mengalami masalah serupa, tenang saja, ada solusi mudah dan praktis, yaitu dengan menggunakan xcape. xcape mengizinkan key modifier digunakan sebagai key lain saat ditekan dan dilepaskan. Contohnya begini, dengan menggunakan xcape kamu dapat menekan tombol super, namun mesinmu akan membacanya sebagai kombinasi tombol ctrl+shift+alt+super. Dengan begitu saat kamu menekan shortcut yang menggunakan kombinasi tombol super, whisker menu tidak akan keluar, karena whiskermenu di bind ke tombol ctrl+shift+alt+super.

Kita langsung masuk ke prakteknya saja

  1. Instal xcape, bisa dari repo, aur maupun compil sendiri.
  2. Buka xfce4-keyboard-settings > klik application shortcuts > klik add > tulisakan “xfce4-popup-whiskermenu ” > klik ok > tekan tombol Ctrl+Shift+Alt+Super.
  3. Buka xfce4-session-settings > klik application autostart > klik add > beri nama semaumu > tuliskan “xcape -e ‘Super_L=Control_L|Shift_L|Alt_L|Super_L'” (tanpa petik dua) pada bagian command > klik ok.
  4. Logout dan login kembali, coba tekan tombol super, maka popup whiskermenu akan keluar.

Sekian dari saya, bila sempat nanti akan saya update dengan gambar, wassalamu’alaikum.

Satu tanggapan untuk “Tampilkan Whiskermenu Dengan Tombol Super Tanpa Mengganggu Shortcut Lain”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s